img

CARA MENGHINDARI STRESS YANG HARUS ANDA KETAHUI

Apakah anda pernah merasa sangat stress? Jika iya, maka anda perlu mengikuti beberapa tips yang sudah dicoba dan diuji yang membantu anda menjalani kebutuhan yang bebas stress. Merasa stress merupakan bagian normal dari kehidupan kita. Anda juga bisa merasakan stress dari pekerjaan, studi, keluarga, hubungan, acara sosial dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan hal ini menjadi hal yang sangat normal. Stress bisa digambarkan sebagai suatu kondisi dimana ada sejumlah besar tekanan emosional atau psikologis, frustrasi dan juga perasaan negatif lainnya. Yang pasti hal tersebut mempengaruhi kesejahteraan emosional seseorang. Beberapa stresor yang paling umum termasuk juga dengan pekerjaan yang menuntut, ketakutan ujian, jadwal yang ketat, masalah moneter, penyakit, orang-orang yang tidak menyenangkan dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, untuk bisa menghindari rasa tress dalam kehidupan anda. Akan lebih baik jika anda memperhatikan baik-baik ulasan kami dibawah ini.

Inilah Beberapa Cara Menghindari Stress Yang Perlu Anda Tahu

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu anda menjalani kehidupan yang bebas stress. Seperti beberapa ulasan kami dibawah ini sebagai berikut:

  • Hindari alkohol dan nikotin

Hindari atau setidaknya kurangi mengonsumsi nikotin dan minuman apapun yang mengandung alkohol serta kafein. Tukar minuman ber kafein dan beralkohol ini dengan air putih, teh herbal maupun jus buah alami. Sudah menjadi sifat alami manusia untuk mengonsumsi depresan dan stimulan ketika pikiran anda sedang terganggu. Alasannya karena alkohol dan nikotin ini bisa lebih meningkatkan kondisi dan stimulan dalam alkohol, nikotin dan kafein hanya meningkatkan tingkat stress yang sedang dialami.

  • Makan dengan baik dan benar

Makan makanan yang seimbang dan mengikuti diet yang sehat memang sangat membantu dalam mengatasi stress. Atur diet anda dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan seperti pisang, susu dan almond dalam diet anda. Karena kemampuannya yang mampu mengelola tingkat stress anda. Cobalah anda hindari makanan ringan bergula dan tambahkan ikan dengan kadar asam lemak omega 3 yang tinggi dalam makanan anda. Karena asam lemak ini terbukti mampu mengurangi gejala stress.

  • Berolahraga secara teratur

Saat merasa stress, berolahraga menjadi solusi terbaik untuk menguranginya. Berolahraga tidak selalu berarti hanya berkeringat di gym atau studio yoga saja. Bisa juga berjalan kaki singkat di sekitar kantor atau bahkan di sekitar rumah anda malam hari. Berolahraga melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hari yang membantu meningkatkan suasana hati. Olahraga kecil bahkan dalam situasi stress mampu membantu menurunkan tingkat stress secara lebih baik.

  • Tidur cukup

Tidur merupakan salah satu bagian integral dari kesehatan mental. Tidur kurang dari 7-8 jam dalam sehari menjadi salah satu faktor kunci di balik stress. Ketika kita merasa stress dan kita kurang tidur, maka hal ini akan menambah situasi stress.

  • Dengarkan musik

Ketika anda sedang merasa stress, cobalah untuk beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Penelitian sudah mendukung efek positif musik dalam otak dan juga tubuh. Seperti halnya mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol (hormon yang terkait dengan stress). Tentunya anda pernah melakukan hal ini bukan jika sedang merasa stress atau ada masalah.

Itulah beberapa cara yang bisa anda pertimbangkan jika merasa stress. Semoga beberapa hal diatas bisa membantu anda dalam menghindari rasa stress di kemudian hari.